Akses Informasi Masyarakat melalui WhatsApp Center Kepala Desa Sumodikaran :  081335978056. Bagi Masyarakat Sumodikaran yang berkenan mengirimkan artikel berita seputar Desa Sumodikaran silahkan menghubungi Sekretaris Desa Sumodikaran : 082331046465.  

Artikel

OPTIMALISASI TUPOKSI, PEMDES SUMODIKARAN ADAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESANYA

03 Desember 2023 19:30:20  Admin Desa Sumodikaran  107 Kali Dibaca  Berita Desa

Sumodikaran- Bertempat di Inna Hotel & Resort Tretes Pasuruan, Kepala Desa dan 9 Perangkat Desa Sumodikaran mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa yang menggandeng pihak ke-3 yakni PT. Thera Buana Surabaya dengan programnya Merapi Indonesia pada tanggal 1 sd 3 Desember 2023.

Desa Sumodikaran bukan satu-satunya desa yang menyelenggarakan pelatihan ini. Bersama 15 Desa lainya di Kecamatan Dander juga melaksanakan kegiatan yang sama sebagai bentuk ikhtiyar meningkatkan kapasitas Perangkat Desanya. Seperti diketahui, kerja sama tim dalam satu rumah yakni pemerintah Desa mutlak diperlukan dalam penyelenggaran pemerintahan desa dalam memberikan pelayan prima kepada masyarakat. Mengetahui pentingnya kerja sama dan tugas pokok serta fungsi masing-masing perangkat desa menjadi hal wajib yang perlu diketahui dan di implementasikan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai perangkat desa.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Kecamatan, Mudlofir, S.Sos, M.M. sekaligus sebagai Narasumber materi : SOTK Pemerintah desa sesuai Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 dan Optimalisasi Perangkat Desa dalam PPKD. Pada hari ke-2 hadir juga Camat Dander, Mujianto, S.Sos yang menyampaikan materi Peran Kecamatan dalam Penyelenggaraan Pembinaan dan Pengawasan Desa. Peserta yang terdiri dari 16 orang Kepala Desa dan 177 Perangkat Desa di Wilayah kecamatan Dander tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan.

Selain Indoor, kegiatan tersebut juga dilaksanakan outdoor yang difasilitasi oleh  Manajemen Terapi Hati Indonesia. Filosofi Manajerial dan kerjasama tim yang dibungkus apik dalam sebuah permainan sesuai dengan kisi-kisi output pelatihan peningkatan kapasitas Aparatur pemerintah Desa. Game’s yang bervariasi dan Fasilitator yang memiliki skill sesuai bidangnya benar- benar memuaskan peserta Pelatihan.

Dalam sambutannya, Head Coach Merapi Indonesia, H. Abdul Jalal, SST, Par, MM, CPC, CHt yang juga ketua DPD Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) Jawa Timur ini menyampaikan apresiasi atas semangat teman-teman perangkat Desa se-Kecamatan Dander. “Semoga pelatihan ini memberikan kebermanfaatan dan peningkatan sustainable untuk perangkat desa se-kecamatan Dander, seirama dengan mottonya DANDER LBIH MAJU”, ungkapnya. (say).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Aparatur Desa

VIDEO PROFIL DESA

COVER LAGU NGLENYER

Peta Desa Sumodikaran

Agenda

Sinergi Program

Produk Hukum Kabupaten Bojonegoro Cipta Desa Pemkab Bojonegoro
Kemendesa Profil Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial