Akses Informasi Masyarakat melalui WhatsApp Center Kepala Desa Sumodikaran :  081335978056. Bagi Masyarakat Sumodikaran yang berkenan mengirimkan artikel berita seputar Desa Sumodikaran silahkan menghubungi Sekretaris Desa Sumodikaran : 082331046465.  

Artikel

PROGRAM ‘LEARN WITH FUN’, MAHASISWA KKN AJAK SISWA BEREKSPERIMEN

21 Juli 2022 05:14:27  Admin Desa Sumodikaran  108 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumodikaran - Mahasiswa KKN-BBM 66 Universitas Airlangga melaksanakan program pendidikan   ‘Learn with Fun’ di SDN Sumodikaran II pada hari Kamis (21/072022). Program Learn with Fun merupakan kegiatan belajar melakukan eksperimen, dengan konsep belajar sambil bermain di kelas dengan tujuan sebagai sarana mengenal pembelajaran sekolah juga sebagai sarana berbagi ilmu antara mahasiswa, siswa, dan guru.

Pada kegiatan ini mahasiswa KKN memberikan materi pada siswa kelas 3, melalui eksperimen mengembangkan balon dan permainan yang dilakukan di dalam kelas. Eksperimen dilakukan dengan cara menyampurkan soda kue ke dalam larutan asam cuka dalam botol. sehingga balon yang dipasang di mulut botol dapat mengembang karena terisi gas CO2. Materi eksperimen mengembangkan balon ini dapat mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis.

Kegiatan ini memberikan edukasi yang cukup baik untuk siswa kelas 3. Disamping membantu penjelasan materi pembelajaran, kelompok KKN-BBM 66 Universitas Airlangga juga mengajak siswa-siswi kelas 3 SDN Sumodikaran II bermain seusai eksperimen. Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan. Mahasiswa menjelaskan materi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman sehingga pembelajaran dalam eksperimen tersebut mengalir dua arah. Pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotorik mereka, yakni dengan permainan balon berjalan dengan dialunkan musik secara acak akan berhenti tiba-tiba.

Mahasiswa KKN-BBM 66 Universitas Airlangga mendapat sambutan baik dari siswa.

“Senang sekali, asik bisa belajar sambil bermain meniup balon sama kakak-kakaknya,” Ucap Aika, murid kelas 3. Kepala sekolah juga mengapresiasi program yang diberikan oleh mahasiswa KKN-BBM 66 Universitas Airlangga. “Terima kasih sudah mempercayakan sekolah ini sebagai tempat melaksanakan program KKN, semoga ilmu yang dibagi dapat bermanfaat bagi semua.” sambut kepala sekolah Sri Ettiningsih.

Program ini berdampak pada semakin eratnya mahasiswa dengan siswa-siswi SD sekitar dan juga menambah pengalaman langsung di lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka namun tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan cara memakai masker dan mencuci tangan. (KKN UNAIR).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Aparatur Desa

VIDEO PROFIL DESA

COVER LAGU NGLENYER

Peta Desa Sumodikaran

Agenda

Sinergi Program

Produk Hukum Kabupaten Bojonegoro Cipta Desa Pemkab Bojonegoro
Kemendesa Profil Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial