Akses Informasi Masyarakat melalui WhatsApp Center Kepala Desa Sumodikaran :  081335978056. Bagi Masyarakat Sumodikaran yang berkenan mengirimkan artikel berita seputar Desa Sumodikaran silahkan menghubungi Sekretaris Desa Sumodikaran : 082331046465.  

Artikel

PENYULUHAN PHBS, MAHASISWA KKN AJARKAN SISWA SD CUCI TANGAN DENGAN BENAR

20 Juli 2022 04:42:54  Admin Desa Sumodikaran  43 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumodikaran - Mahasiswa KKN BBM 66 Universitas Airlangga melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN Sumodikaran I pada hari Rabu (20/07/2022). Sasaran penyuluhan ini yaitu murid kelas satu dan dua dengan jumlah total sekitar 60 siswa. Penyuluhan ini memaparkan tentang pengertian serta tujuan PHBS, salah satunya yaitu dengan melakukan sebelas langkah mencuci tangan sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk kelas satu.

Penyuluhan PHBS ini dikoordinasi oleh mahasiswa dari Fakultas Keperawatan yaitu Vega Juandana, yang dibantu dengan mahasiswa lainnya untuk memaparkan materi. Para murid diberikan materi di ruang kelas terlebih dahulu, kemudian diarahkan menuju lapangan untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun.  

Penyampaian materi dari mahasiswa KKN disambut baik oleh kepala beserta guru-guru SDN Sumodikaran I. Tidak hanya penyampaian materi, mahasiswa KKN juga mengajukan beberapa pertanyaan kepada para murid. “Anak-anak siapa yang disini rajin cuci tangan?” tanya Aulia, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi. Hal ini ditanyakan agar mahasiswa KKN mengetahui seberapa banyak anak-anak yang masih belum menerapkan hidup sehat dan bersih.

Kegiatan penyuluhan PHBS ini diperlukan di Desa Sumodikaran, khususnya pada anak-anak, karena anak-anak masih kurang sadar akan perlunya mencuci tangan dengan benar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kurangnya perilaku anak-anak untuk mencuci tangan sebelum atau sesudah beraktivitas. Harapannya, penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran para murid untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dalam kegiatan sehari-hari, utamanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, walau terdapat beberapa hambatan namun dapat teratasi dengan baik. (KKN UNAIR)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Aparatur Desa

VIDEO PROFIL DESA

COVER LAGU NGLENYER

Peta Desa Sumodikaran

Agenda

Sinergi Program

Produk Hukum Kabupaten Bojonegoro Cipta Desa Pemkab Bojonegoro
Kemendesa Profil Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial