Akses Informasi Masyarakat melalui WhatsApp Center Kepala Desa Sumodikaran :  081335978056. Bagi Masyarakat Sumodikaran yang berkenan mengirimkan artikel berita seputar Desa Sumodikaran silahkan menghubungi Sekretaris Desa Sumodikaran : 082331046465.  

Artikel

PEMDES SUMODIKARAN BEKALI DAN LATIH TIM POKJA RELAWAN PENDATAAN SDGS DESA TAHUN 2021

16 April 2021 19:48:27  Admin Desa Sumodikaran  107 Kali Dibaca  Berita Desa

Sumodikaran- Jum’at,16/04/2021 bertempat di Balai Desa Sumodikaran, Pemerintah Desa Sumodikaran Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Pembekalan dan Simulasi Entry data Aplikasi SDGs kepada Tim Pokja Relawan SDGs ( Sustainable Development Goals ) yang bertujuan untuk membekali tim pokja dalam melakukan pendataan penduduk berbasis digital. Hadir dalam acara tersebut, Camat Dander  (Ir. Mukhammad Hariyanto, MM), Kapolsek Dander (AKP. Dumas Barutu, SH), Danramil Dander (Kapt. Inf. Abdul Karim Zaluku), Kepala Desa Sumodikaran dan semua perangkat desa, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Pokja Relawan dan Tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Dander Menyampaikan bahwa ” Pendataan SDGs Desa sesuai dengan PP No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam hal ini SDGs Desa merupakan pembangunan total atas desa, yang aspek pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa “.

SDGs memenuhi kebutuhan akan detail pembangunan yang lebih sesuai dengan kondisi riil dan diterjemahkan sampai level desa menjadi SDGs Desa. Karenanya mendata dari desa, dusun, keluarga dan individu adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro dengan maksud dan tujuan untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Kepala Desa Sumodikaran, Hj. Khotimah berharap nantinya Tim Relawan Pendataan SDGs Desa dapat melaksanakan alur tahapan pendataan berbasis Data Desa, Dusun, Kepala Keluarga dan Individu secara maksimal agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan.

Sementara itu Ansori, ST selaku Pendamping Desa dalam paparanya menyampaikan terkait pengisian Kuesioner yang meliputi Kuesioner Desa,Kuesioner RT,Kuesioner Rumah tangga dan Kuesioner Individu yang nantinya akan dimasukan dalam aplikasi SDGs, selain itu Ansori juga menambahkan Proses Pendataan ini harus benar benar jeli dan teliti agar nantinya data yang didapat desa akurat, karena Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu: Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa
Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Selain memberikan paparan, Pendamping desa juga mendampingi Tim Pokja Relawan Pendata SDGs melakukan Simulasi entry data pada Aplikasi SDGs berbasis Android.

Kapolsek Dander dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.

Sementara Danramil Dander menyampaikan pesan selama pendataan door to door dari rumah satu penduduk ke penduduk lainnya tetap harus memperhatikan protokol kesehatan mengingat saat ini pandemi covid-19 belum berakhir, maka upaya pencegahan penularan harus dikedepankan.

Adapun Tim Pokja Relawan SGGs Desa Sumodikaran sesuai SK. Kepala Desa Sumodikaran Nomor : 188/15/KEP/412.51.14.12/2021 adalah sebagai berikut :

No

Nama

Jabatan

Kedudukan dalam Tim

1

Hj. Khotimah

Kepala Desa

Pembina

2

Yasdi, SE,MM

Sekretaris Desa

Ketua

3

Sunjani

Kasi Pemerintahan

Sekretaris

4

Khoirur Rozikin

Kasun Sumodikaran

Anggota

5

Tri Endah Pungki R, S.KM

Kaur Perencanaan

Anggota

6

M.Musyafi’in, SM.

Kaur TU dan Umum

Anggota

7

Munajad

Kasi Pelayanan

Anggota

8

Nurul Iksan, SE.

Kasi Kesejahteraan

Anggota

9

Moch. Saiful Huda, SE.

Kaur Keuangan

Anggota

10

Chasan

Kasun Tempuran

Anggota

11

Nur Rodhi in

Karang Taruna

Anggota

12

Siti Nurhayati

Ketua PKK

Anggota

13

Choirotun Nikmah

Kader Posyandu

Anggota

14

Moch. Sholikin

LPMD

Anggota

15

Fachrurrozi

Tokoh Masyarakat

Anggota

16

Fahrozi

Tokoh Masyarakat

Anggota

17

Moch. Zainal Ali Mustofa

Tokoh Masyarakat

Anggota

18

Adi Sucipto

Tokoh Masyarakat

Anggota

19

Siti Nurhayati

Ketua RW

Anggota

20

Kartono

Ketua RT

Anggota

21

Suwito

Ketua RT

Anggota

22

Wartini

Ketua RT

Anggota

23

Muhamat Audi Pratama

Ketua RT

Anggota

24

Muh. Dul Wakit

Ketua RT

Anggota

25

Lugito

Ketua RT

Anggota

26

Winarti

Ketua RT

Anggota

27

Miftakhul Ulum

Ketua RT

Anggota

28

Ahmad Nur Kholis

Ketua RT

Anggota

29

Sugik Pujianto

Ketua RT

Anggota

30

Endro Tiarno

Ketua RT

Anggota

MITRA TIM KELOMPOK KERJA ( POKJA ) RELAWAN

PEMUKTARHIRAN DATA SDGS DESA TAHUN 2021 

  1. Pendamping desa (PLD/PDP/PDTI)
  2. Babinsa
  3. Bhabinkamtibmas
  4. Mahasiswa

 

Adapun pembagian tugas sebagai berikut :

No

RT

Petugas 1

Petugas 2

1

01 / 1

Nur Rodhi’in

Kartono

2

02 / 1

Siti Nurhayati

Suwito

3

03 / 1

Moch. Zainal Ali Mustofa

Wartini

4

04 / 1

Sunjani

M. Audi Pratama

5

05 / 1

M.Musyafi’in, SM.

Muh. Dul Wakit

6

06 / 1

Chhoirotun Nikmah

Lugito

7

07 / 1

Fahrozi

Winarti

8

08 / 1

Nurul Iksan, SE.

Moch. Sholikin

9

01 / 2

Fachrurrozi

Miftakhul Ulum

10

02 / 2

Khoirur Rozikin

Siti Nurhayati

11

03 / 2

Moch. Saiful Huda, SE.

Ahmad Nur Kholis

12

04 / 2

Chasan

Sugik Pujianto

   

Tri Endah Pungki R, S.KM

Adi Sucipto

13

05 / 2

Munajad

Endro Tiarno

 

Pengolahan dan analisis data dilakukan secara elektronik oleh Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Hasil pengolahan dan data SDGs Desa dapat dilihat oleh pemerintah desa secara detil, dan rekapnya dapat dilihat oleh pemerintah daerah pada level kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi, serta masyarakat pada umumnya (say).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Aparatur Desa

VIDEO PROFIL DESA

COVER LAGU NGLENYER

Peta Desa Sumodikaran

Agenda

Sinergi Program

Produk Hukum Kabupaten Bojonegoro Cipta Desa Pemkab Bojonegoro
Kemendesa Profil Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial